Friday, February 24, 2012

Berbagai Bentuk Institusi Retail 

Ada beberapa jenis organisasi ritel berdasarkan kepemilikan. Meskipun demikian, sebagian besar bisnis ritel di golongkan sebagai Indipenden, sebagai bagian dari Jaringan atau sebagai Warabala (Franchise).
  1. INDEPENDEN 
Hanya dimiliki oleh satu orang. Format ini mempunyai hambatan entri yang rendah, namun tingkat kegagalannya tinggi. Dan di sisi lain, perkembangan anda dibatasi oleh kekurangan modal dan tenaga kerja.
Contoh : Kios pinggir jalan yang hanya di kelola oleh satu orang dan menjual barang - barang kebutuhan pribadi.

 sumber : mbah Google

    2.  JARINGAN

Jaringan (Chain) adalah sekelompok gerai di bawah kepemilikan bersama. Gerai ini sangat menarik dan memetik keuntungan dengan berbagai biaya overhead dan sumberdaya. namun kekurangannya adalah banyaknya gerai membuat koordinasi bisa sulit dan memakan waktu.
Contoh : The Body Shop

 sumber : mbah Google 

3. TOKO RUJUKAN 

Gerai terbesar dalam jaringan yang menyediakan merchandise paling lengkap, staff yang lebih baik, dan karakter serta suasana toko, dikenal sebagai toko rujukan (flagship store).
Contohnya : The Goldheart Jewellery di International Building

4. WARALABA

Dalam perjanjian kontrak antara pemilik merek (franchiser) dan pemilik merek (franchisee), pemilik merek akan membayar kepada pemilik merek royalti dalam jumlah yang disepakati karena meminjam merek.
Contohnya : Ikano yang memiliki waralaba IKEA (Singapura).


Sumber : 
Books Managing the Brick and Mortar Retail Stores
by Lynda Wee Keng Neo & Cynthia Ng-Tang Lai Mun


0 comments:

Post a Comment