Friday, February 17, 2012

Sekilas Seputar Bisnis Retail

SEPUTAR BISNIS RITEL 

     > Kata Retail menurut kamus besar Bahasa Indonesia : Eceran
 
Kegiatan ritel merupakan salah satu profesi yang paling menantang dan paling tua secara global saat ini.  Tujuan akhir dari kegiatan ritel adalah menyediakan layanan yang diinginkan agar menghasilkan keuntungan bagi kita yang menjual. Maksud dengan kata  diinginkan” mengacu kepada  bisnis yang selalu dinamis karena kebutuhan konsumen dan lingkungan bisnis kita terus menerus berubah, beradaptasi, dan dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Untuk itu kepiawaian perusahaan retial dalam memahami konsumen menjadi kunci keberhasilan dalam memenangkan persaingan pasar. 
 
Bagaimana mengidentifikasikan bisnis dalam jalur retail, pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dapat dijadikan pedoman dasar, yaitu:

  1. Jenis bisnis apa yang sedang anda geluti ?
  2. Apa saja kekuatan dan kelemahan bisnis anda ?
  3. Apa saja merchandise yang anda tawarkan ?
  4.  Siapa konsumen anda ?
  5. Pelayanan seperti apa yang anda tawarkan ?
  6. Bagaimana cara kerja pesaing anda ?
  7. Bagaimana citra toko anda di mata konsumen ?
  8. Bagaimana staff anda melayani di lantai toko ?

Dan yang paling penting kita harus punya SLOGAN yang mudah diingat oleh masyarakat, kita ambil contoh : produk dari Djarum Super “Pria Punya Selara  atau produk Nokia “Connecting People”. 

Konsep yang sering digunakan dalam retail dalam menetapkan strategi bisnisnya yaitu dengan menerapakn konsep C.A.R.E  dikutip dari buku Managing the Brick-and-Mortar Retail Stores.

  •   Customer (Orientasi Konsumen)
Pertanyaan Siapa Konsumen Anda, harus dijawab dengan kemampuan untuk mengidentifikasikan profil dari konsumen produk retail. profil konsumen selalu berubah, untuk itu kita harus melakukan survei Sederhana terhadap konsumen atau melakukan perbincangan santai terhadap konsumen apa yang mereka butuhkan. “Dan fokuslah pada konsumen karena mereka adalah Sumber Pendapatan Anda”.
  •  ACTIVITIES (Orientasi Kegiatan)
Koordinasikan semua kegiatan dengan konsumen. “Kegiatan retail termasuk menjual produk yang tepat dengan harga yang tepat dan pada waktu yg tepat serta metode yang tepat”.
  • RELATIONSHIP (Orientasi Hubungan)
Untuk memulai hubungan retail ingatlah dua hal, Pertama : “Ingatlah bahwa lebih mudah dan murah bagi anda untuk mempertahankan konsumen yang baik dari pada menarik konsumen yang baru”. Dan yang kedua : “dan membentuk aliansi strategis dengan pemasok untuk membantu mereka mengantarkan produk yang tepat dengan harga yang tepat”
  •     ENTERPRISING ( Orientasi Wirausaha)
Tetapkan tujuan yang bisa dicapai dan  spesifik. “Kita wajib merencanakan dan memikirkan strategi untuk mencapai sasaran bisnis”

 

 


 

0 comments:

Post a Comment