Sunday, March 18, 2012

LOVE OUR EARTH 


Bumi kita saat ini semakin tua, sekarang saatnya kita mulai mencintai bumi & lingkungan kita. Salah satu caranya dengan concern menggunakan alat elektronik dengan hemat energi.


Pakai Solar Charger 

sekarang sudah banyak dijual solar charger yang portable untunk men-charge hape, MP3, PDA dan IPOD. ini menghemat banget kan karena menggunakan energi matahari, which is termasuk renewable energy (energi yang tidak habis seperti matahari, angin dan air). Alat ini menyerap tenaga surya dan mengolahnya menjadi energi yang akan mengisi baterai. Biasanya colokan juga beragam jadi bisa untuk beberapa jenis alat. Tinggal ditaruh di tempat yang terkena matahari aja.

Solar Charger



Laptop Tips

Lebih memilih menggunakan laptop dibanding PC sebetulnya sudah tindakan go green. karena, laptop  yang mengambil hanya sekitar 15 - 25 watt jelas lebih hemat dibandingkan PC sekitar 150 watt.
Tapi dengan aktivitas pengguna laptop yang semaking tinggi di era sekarang, kebayangkan kalau pemakaiannya boros, makin panaslah bumi ini. Dengan memakainya secara hemat energi laptop juga semakin awet kan.
  • Selalu aktifkan mode standby atau sleep. jangan hanya screen sever. karena screen sever di era sekarang ngga hemat energi. Hanya screen sever monitor monochrome yang hemat energi. 
  • Pilih warna gelap untuk latar belakang tampilan layar, karena tampilan warna terang berarti menggunakan energi lebih banyak. 
  • Lebih bagus kalau bisa men-set AC adaptor menjadi otomatis mati (power strip) saat kita sudah selesai mencharge, karena kalau tidak, charger akan terus menarik energi meski sudah penuh.

Yang Paling Penting 

Reduce your overall energy use ! berbagai trik bisa mengurangi pemakaian energy, tapi yang terpenting ya gimana kita bisa lebih sedikit memakainya.
  • Selalu cabut charger hape setelah selesai menggunakan. jangan hanya hapenya saja yang di cabut ya. 
  • Hindari men-Charge hape semalaman. Listrik yang terbuang mungkin bisa menghidupi satu kota deh. 
  • Jangan biarkan komputer atau laptop nyala semalaman kamu tinggal tidur. kalau kamu tipe yang suka ketiduran pas lagi main laptop setidaknya jangan lupa aktifkan sleep mode.
  • Dry Cloth Naturally. kalau cuaca lagi panas, coba deh sarankan mama atau mbak dirumah untuk tidak mengeringkan pakaian dengan mesin cuci, misalnya untuk underwear, ngga sulitkan jemur sendiri. 
  • Less Lighting. Jadi orang rumah atau kantor yang paling alert sama lampu rumah. 

Ingat, Going Green tidak hanya menyelamatkan bumi ini tapi juga Save Money on electricity bills. So, save money while you save earth. 


Sumber : 
majalah aneka yes



0 comments:

Post a Comment