Friday, February 24, 2012

25 TIPS SOSIAL MEDIA

Tanggal 23 Februari kemarian saat saya sedang buka twitter ada satu timeline dari @hermaspuspito yang sedang membahas tentang #25TIPSSOSIALMEDIA, beliau adalah seorang Entrepreneur, Pakar Marketing untuk UKM, dan  Consultant.  Menurut saya tips ini pas sekali untuk yang berniat membuka Bisnis Online, sedikit saya share ya timeline beliau :

1. Di era internet saat ini, jejaring sosial menjadi salah satu unsur penting untuk mendukung bisnis #25TipsSocialMedia

2. Dengan sekitar 50 juta internet user di Indonesia, social media berperan sangat besar dalam aktivitas usaha #25TipsSocialMedia

3. Saat ini socmed di pakai sebagai sarana pemasaran, customer relationship, bisnis online, branding dll #25TipsSocialMedia

4. Pada dasarnya strategi socmed merupakan strategy low cost namun hi impact jika dterapkan dengan tepat #25TipsSocialMedia

5. Tidak perlu biaya besar & merupakan alternatif strategy untuk UKM. contoh : @infomaicih @holycowsteak #25TipsSocialMedia

6. Ada beberapa kiat sukses untuk mensupport bisnis dengan strategi social media. Hal pertama: tentukan tujuan #25TipsSocialMedia


7. Tujuan strategi social media bisa branding, create sales, customer service, community engagement dll #25TipsSocialMedia

8. Buatlah social media plan untuk beberapa bulan kedepan: target, media, contentnya apa saja, timing dll #25TipsSocialMedia

9. Content dan Context merupakan hal penting dalam social media. Sesuaikan dengan target market #25TipsSocialMedia

 
10. Ada beberap social media yg cukup sering dpake di Indonesia: FB, Twitter, Blog, Youtube, Foursquare #25TipsSocialMedia

11. Jika sumber daya kita terbatas, sebaiknya fokus misal, FB dan twitter saja, atau ditambah blog #25TipsSocialMedia

12. Untuk detail strategi twitter atau strategi facebook untuk Usaha akan saya sharingkan terpisah #25TipsSocialMedia

13. Berikan content yg memberi manfaat, karena ini akan menarik konsumen, terutama di twitter dan FB #25TipsSocialMedia

14. Ada trik untuk jualan, lakukan 90:10, 90% memberi manfaat 10% jualan, harus tetap memberi manfaat #25TipsSocialMedia

 
15. Hal penting dalam strategi social media khususnya twitter & fb: bangunlah komunikasi dua arah #25TipsSocialMedia

 
16. Content kita harus berorientasi ke konsumen, beri manfaat, jangan terlalu sering mnceritakan diri sndiri #25TipsSocialMedia

17. Tunjuk satu admin yang berpengalaman & memang memiliki jiwa berkomunikasi dan sosialiasi #25TipsSocialMedia

18. Jika diperlukan, bayar agensi social media tertentu atau berkonsultasi dengan social media specialist #25TipsSocialMedia

19. Untuk memudahkan konsumen, taruh alamat socmed kita (FB,Twitter,Blog) di setiap produk/materi promo #25TipsSocialMedia

20. Strategi socmed hrs dlakukan sec konsisten & tanggapi jika ada pertanyaan/feedback konsumen #25TipsSocialMedia

21. Pelajari akun yg terlebih dulu sukses membangun strategi socmed,terapkan sesuai dengan karakteristik kita #25TipsSocialMedia

23 Konsumen juga sangat menyukai program promo ataupun diskon, ini juga bisa dilakukan + create sales #25TipsSocialMedia

24. Jadikan socmed sebagai cara membangun komunitas & juga bangun relasi dengan melakukan pertemuan di dunia nyata #25TipsSocialMedia

25. Evaluasi berkala terhadap strategi social media yg digunakan, ini penting untuk mengukur efektivitasnya #25TipsSocialMedia



Semoga bermanfaat tips-tipsnya ya :)



Sumber :
twitter : @hermaspuspito


Berbagai Bentuk Institusi Retail 

Ada beberapa jenis organisasi ritel berdasarkan kepemilikan. Meskipun demikian, sebagian besar bisnis ritel di golongkan sebagai Indipenden, sebagai bagian dari Jaringan atau sebagai Warabala (Franchise).
  1. INDEPENDEN 
Hanya dimiliki oleh satu orang. Format ini mempunyai hambatan entri yang rendah, namun tingkat kegagalannya tinggi. Dan di sisi lain, perkembangan anda dibatasi oleh kekurangan modal dan tenaga kerja.
Contoh : Kios pinggir jalan yang hanya di kelola oleh satu orang dan menjual barang - barang kebutuhan pribadi.

 sumber : mbah Google

    2.  JARINGAN

Jaringan (Chain) adalah sekelompok gerai di bawah kepemilikan bersama. Gerai ini sangat menarik dan memetik keuntungan dengan berbagai biaya overhead dan sumberdaya. namun kekurangannya adalah banyaknya gerai membuat koordinasi bisa sulit dan memakan waktu.
Contoh : The Body Shop

 sumber : mbah Google 

3. TOKO RUJUKAN 

Gerai terbesar dalam jaringan yang menyediakan merchandise paling lengkap, staff yang lebih baik, dan karakter serta suasana toko, dikenal sebagai toko rujukan (flagship store).
Contohnya : The Goldheart Jewellery di International Building

4. WARALABA

Dalam perjanjian kontrak antara pemilik merek (franchiser) dan pemilik merek (franchisee), pemilik merek akan membayar kepada pemilik merek royalti dalam jumlah yang disepakati karena meminjam merek.
Contohnya : Ikano yang memiliki waralaba IKEA (Singapura).


Sumber : 
Books Managing the Brick and Mortar Retail Stores
by Lynda Wee Keng Neo & Cynthia Ng-Tang Lai Mun


Friday, February 17, 2012

about Gudang Listrik


SEKILAS TENTANG GUDANG LISTRIK



Gudang Listrik  adalah sebuah toko yang menjual peralatan listrik untuk Rumah Tangga dan Industri, yang terletak di Jl. Salemba Raya No. 19 atau Jl. Salemba Tengah No. 1, Gudang Listrik sendiri baru berdiri pada tgl 10 Desember 2011 dibawah PT. Samudra Karya Mulia.
PT. Samudra Karya Mulia didirikan pada tahun 2006, dimulai sebagai sebuah perusahaan kecil di 4-lantai Ruko di Cempaka Mas. Hari ini, PT. Samudra Karya Mulia telah berkembang menjadi salah satu perusahaan besar dengan distribusi yang kuat dan luas, dan klien berharga di semua kota besar di seluruh Indonesia.

PT. Samudra Karya Mulia adalah agen tunggal dari Hippo dan Hizen untuk luminair, BLT untuk ballast dan komponen, Eclat dan Jeruk untuk lampu hemat energi. Selain merek-merek tersebut, PT. Samudra Karya Mulia juga menunjukkan oleh Schneider Electric sebagai Distributor Resmi untuk Device Wiring Clipsal. Untuk memperkuat saluran distribusi kami, kami juga melengkapi lini produk dengan merek terkenal seperti: Osram, Selcon, THEBEN, VOSSLOH dan banyak lagi.

PT. Samudra Karya Mulia dengan dukungan dari semua personil yang berdedikasi dan pelanggan yang berharga akan terus tumbuh menjadi atas distribusi di Indonesia perusahaan produk listrik dan layanan terkait. Karena kita mencintai bisnis ini dan kita melakukannya dengan cinta.

Kini kami hadir dalam konsep terbaru melalui Sosial Media yang bertujuan memberikan kemudahan, kenyamanan dan kepuasan untuk para pelanggan yang ingin membeli peralatan listrik tanpa harus keluar rumah, selain barang kami antarkan langsung ketempat anda, anda juga mendapatkan diskon khusus dan garansi barang yang anda beli.


Alamat :
Gedung Gudang Listrik 
Jl. Salemba Raya No. 19 Jakarta 10440
INDONESIA
Telp    : 021 - 39838383
email   : gudanglistrik2012@gmail.com

Sekilas Seputar Bisnis Retail

SEPUTAR BISNIS RITEL 

     > Kata Retail menurut kamus besar Bahasa Indonesia : Eceran
 
Kegiatan ritel merupakan salah satu profesi yang paling menantang dan paling tua secara global saat ini.  Tujuan akhir dari kegiatan ritel adalah menyediakan layanan yang diinginkan agar menghasilkan keuntungan bagi kita yang menjual. Maksud dengan kata  diinginkan” mengacu kepada  bisnis yang selalu dinamis karena kebutuhan konsumen dan lingkungan bisnis kita terus menerus berubah, beradaptasi, dan dipengaruhi oleh perkembangan teknologi informasi. Untuk itu kepiawaian perusahaan retial dalam memahami konsumen menjadi kunci keberhasilan dalam memenangkan persaingan pasar. 
 
Bagaimana mengidentifikasikan bisnis dalam jalur retail, pertanyaan – pertanyaan dibawah ini dapat dijadikan pedoman dasar, yaitu:

  1. Jenis bisnis apa yang sedang anda geluti ?
  2. Apa saja kekuatan dan kelemahan bisnis anda ?
  3. Apa saja merchandise yang anda tawarkan ?
  4.  Siapa konsumen anda ?
  5. Pelayanan seperti apa yang anda tawarkan ?
  6. Bagaimana cara kerja pesaing anda ?
  7. Bagaimana citra toko anda di mata konsumen ?
  8. Bagaimana staff anda melayani di lantai toko ?

Dan yang paling penting kita harus punya SLOGAN yang mudah diingat oleh masyarakat, kita ambil contoh : produk dari Djarum Super “Pria Punya Selara  atau produk Nokia “Connecting People”. 

Konsep yang sering digunakan dalam retail dalam menetapkan strategi bisnisnya yaitu dengan menerapakn konsep C.A.R.E  dikutip dari buku Managing the Brick-and-Mortar Retail Stores.

  •   Customer (Orientasi Konsumen)
Pertanyaan Siapa Konsumen Anda, harus dijawab dengan kemampuan untuk mengidentifikasikan profil dari konsumen produk retail. profil konsumen selalu berubah, untuk itu kita harus melakukan survei Sederhana terhadap konsumen atau melakukan perbincangan santai terhadap konsumen apa yang mereka butuhkan. “Dan fokuslah pada konsumen karena mereka adalah Sumber Pendapatan Anda”.
  •  ACTIVITIES (Orientasi Kegiatan)
Koordinasikan semua kegiatan dengan konsumen. “Kegiatan retail termasuk menjual produk yang tepat dengan harga yang tepat dan pada waktu yg tepat serta metode yang tepat”.
  • RELATIONSHIP (Orientasi Hubungan)
Untuk memulai hubungan retail ingatlah dua hal, Pertama : “Ingatlah bahwa lebih mudah dan murah bagi anda untuk mempertahankan konsumen yang baik dari pada menarik konsumen yang baru”. Dan yang kedua : “dan membentuk aliansi strategis dengan pemasok untuk membantu mereka mengantarkan produk yang tepat dengan harga yang tepat”
  •     ENTERPRISING ( Orientasi Wirausaha)
Tetapkan tujuan yang bisa dicapai dan  spesifik. “Kita wajib merencanakan dan memikirkan strategi untuk mencapai sasaran bisnis”