Sunday, March 11, 2012

listrik

LISTRIK
  • Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya diantarnya.
  • Listrik adalah sumber energi yang di salurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan arus listrik mengalir dari  saluran positif ke saluran negatif. 
ada juga listrik yang terjadi secara alami seperti petir. Petir merupakan gejala alam yang bisa di analogikan sebagai kapasitor raksasa dimana awan sebagai lempeng pertama (bisa bermuatan lempeng negatif / lempeng positif)  dan lempeng kedua adalaha bumi (sebagai netral). seperti yang sudah banyak di ketahui kapasitor adalah komponen pasif yang bisa menyimpang energi sesaat (energy storage). petir juga dapat terjadi dari awan ke awan, dimana awan yang satu bermuatan positif dan awan yang lainnya bermuatan negatif.



Sifat Sifat Listrik :

listrik memberikan kenaikan terhadap 4 (empat) gaya dasar alami, dan sifatnya yang tetap dalam benda yang akan di ukur. Dalam kasus ini frasa "jumlah listrik" digunakan juga dalama frasa "muatan listrik" dan juga "jumlah muatan". ada dua jenis muatan listrik yaitu muatan listrik positif dan muatan listrik negatif. Menurut eksperimen di mana jika satu jenis (misal muatan positif dan positif) muatan di dekatkan akan terjadi reaksi tolak menolak, namu jika berbeda jenis (positif & neatif) di dekat kan akan terjadi reaksi tarik menarik. Besarnya gaya tarik menarik dan tolak menolak ditetapkan oleh Hukum Coulomb.

Satuan unit Standart Internasional (SI) dari muatan listrik adalah coulomb, yang memiliki singkatan "C". simbol Q digunakan dalam persamaan untuk mewakili kuantintas listrik atau muatan. contohnya : Q = 0.5 C berarti kuantitas muatan listrik adalah 0,5 coulomb.






0 comments:

Post a Comment