Monday, March 12, 2012

tips

10 TIPS AMAN BERKENDARAAN 






Belakangan ini sering banget kita denger kecelakan mobil yang menelan korban jiwa, yang paling heboh beberapa waktu lalu adalah tabrakan maut di tugu tani, dan yang masih jadi buah bibir saat ini adalah kecelakaan tunggal Nissan Juke di Jl. Jend. Sudirman, sangat disayangkan yah karena Human Error bisa menghilangkan nyawa seseorang.

untuk itu saya akan memberikan Tips Aman Mengendarai Mobil :

1. Sebelum berpergian baiknya memeriksa kondisi mobil terlebih dahulu. mulai dari ban apakah
kekurangan angin atau kelebihan angin, mesin mobil dalam kondisi prima atau tidak, dan jangan lupa cek karet pedal kopling, gas, dan rem semua harus terpasang dengan baik dan tidak tipis.

2. Buatlah senyaman mungkin posisi duduk dalam mengendarai mobil. Agar tidak mudah lelah dan selalu sigap bila mengendarai jarak jauh.

3. Gunakanlah sabuk pengaman saat anda mengendarai mobil dan pastikan terdengar bunyi KLIK.

4. Aturlah jarak kursi sehingga anda mudah mengoperasikan Gas, Rem, dan Kopling. Jarak ideal antara kemudi dan kursi yaitu sekitar 25cm, cara mengukurnya, letakan kedua pergelangan tangan pada jam 12 kemudian atur sandaran kursi.

5. Pengecekan Instrument Dashboard. cek semua indikator di dashboard ketika kunci dalam posisi ON, untuk kendaraan yang dilengkapi dengan ABS dan SRS Airbag, pastikan saat mobil dinyalakan indikator tersebut mati.  


6. Atur semua posisi kaca spion untuk mempermudah memantau situasi diluar mobil.

7. Pastikan semua lampu dapat berfungsi dengan baik.

8. Berkendaralah dalam kondisi sadar dan tidak di bawah pengaruh Alkohol atau obat - obatan.

9. Jika dalam kondisi mengantuk menepilah dan beristirahatlah terlebih dahulu.

10. Selalu sediakan pelengkapan P3K di dalam mobil.


Semoga Tips diatas bermanfaat dan tidak ada lagi kecelakan maut yang memakan korban jiwa, dan yang paling penting berhati-hatilah saat berkendaraan.






0 comments:

Post a Comment